Kegiatan Sekolah Ristek (SERIS) “Explore Your Creativity, go to PIMNAS ”

Forum Studi Mahasiwa Peternakan (FOSMAPET) UGM adalah lembaga internal kampus yang begerak dalam bidang keilmuan. Tentunya peran utama lembaga ini adalah sebagai lembaga yang konsen dalam hal sesuatu yang berbau ilmiah. Oleh karena itu untuk memperluas syiar-syiar terkait keilmuan dalam bidang peternakan khususnya dan bidang-bidang lain umumnya, maka dibutuhkan suatu terobosan baru dalam hal peningkatan dalam hal keilmuan pada setiap mahasiswa.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan  ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.  PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya  program  restrukturisasi  di  lingkungan  Ditjen  Dikti. Kegiatan  pendidikan,  penelitian  dan  pengabdian  kepada  masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yaitu PKM. PKM dikembangkan untuk menghantarkan mahasiswa pada dimensi pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keimanan yang tinggi. PKM diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendikiawan, pengusaha yang berjiwa arif dan mandiri, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan, keahlian, sikap taggung jawab, membangun kerjasama tim, menjadi sarana pembelajaran kemandirian melalui kegiatan kreatif sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni. Maka dari itu, untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa terutama dalam bidang keilmuan dan untuk membekali mahasiswa yang akan bersaing dalam proyek PKM, maka dibutuhkan suatu pelatihan agar mahasiswa fakultas peternakan tidak semakin tertinggal dengan mahasiswa lain dalam hal meraih medali PIMNAS.

Forum Studi Mahasiswa Peternakan (FOSMAPET) UGM berinisiatif membuat sebuah kegiatan yang tujuan untuk menyemangati mahasiswa yang siap bersaing mengikuti PKM dan merebut juara umum PIMNAS. Harapannya mahasiswa lebih mantap dalam menjalankan proyek PKM-nya dan menambah ketertarikan mahasiswa lain yang belum ikut serta PKM menjadi semakin bersemangat untuk turut serta.

Kegiatan ini berbentuk talkshow yang terdiri dari dua acara, yaitu outdoor dan indoor. Kegiatan outdoor merupakan perkenalan PKM kepada teman-teman Fakultas Peternakan, sharing tentang kegiatan pelaksanaan PKM-K, sosialisasi PKM-K teman-teman Fakultas Peternakan yang lolos didanai, memperkenalkan produk yang dibuat beserta sharing Monitoring Evaluasion PKM-K. Pada acara ini terdapat stand dari PKM-K mahasiswa peternakan yang didanai, stand PKM-K terdiri dari produk saudara Bilal Alfian dkk yaitu ”Jeniper Sensi Minuman Kesehatan yang dapat Menangkal Radikal Bebas Memperlancar Pencernaan dan Meningkatkan Vitalitas Tubuh”, kemudian terdapat produk dari saudara Tarmidzi Taher dkk yaitu “Rebung Ice Cream  Probiotik Rich: Inovasi Pangan Sehat Kaya Serat dan Antioksidan Berbahan Baku Rebung Bambu”, serta terdapat produk dari saudari Widyasih Dwi dkk yaitu “Jaglay Migrasi Jagung dari Desa Ke Kota”. Kegiatan outdoor berlangsung pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2012 pukul 11.00 sampai 13.00 di Kantin Fakultas Peternakan.

 SERIS ”Explore Your Creativity, go to PIMNAS” bagian kedua diadakan pada hari Rabu tanggal 13 Juni 2012 bertempat di Salesa S1. Acara ini bertujuan untuk sharering tentang kegiatan pelaksanaan PKM-P dan PKM-M, Sosialisasi dan PKM-M yang lolos didanai beserta Monitoring Evaluasion PKM-P dan PKM-M. Acara dimulai dengan presentasi pertama dari saudari Lovin Dika Antari dkk yaitu dengan PKM-M nya yang berjudul “Bank Pupuk: Sebuah Upaya Pengolahan Kotoran Ternak untuk Membangkitkan Perekonomian Peternak di Dusun Wonolagi Kelurahan Playen Gunung Kidul”. Pengolahan pupuk organik yang dilakukan “Bank pupuk” adalah pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk organik, yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk kimia kotoran ternak tidak dapat digunakan langsung menjadi pupuk tetapi diperlukan pengolahan agar kotoran menjadi pupuk organik untuk dibuat sebagai pupuk dan dimanfaatkan untuk tanaman. Presentasi kedua dibawakan oleh saudara Satria Budi Kusuma dkk dengan judul PKM-P “Pemanfaatan Calliandra calothyrsus sebagai Komponen Ransum Guna Mengurangi Populasi Cacing dalam Usus Kambing”, dapat kita ketahui bahwa pakan merupakan komponen terbesar dari pemeliharaan ternak, dengan pemberian pakan Calliandra calothyrsusyang mengandung tanin maka dapat memperkecil populasi cacing dalam usus kambing.  Dan yang terakhir presentasi dari saudara Luthfan berjudul “Permen Balok Pellet  Fermentasi Bahan Pakan Lokal Sebagai Alternatif Pakan Ayam Buras yang Murah Praktis dan Alami”. Permen balok bukanlah pakan unggas yang berbentuk balok, tetapi merupakan pakan unggas yang bahannya berasal dari lokal dan merupakan ransum yang difermentasi. Pada kegiatan ini tidak semua kelompok PKM dapat berkesempatan berpartisipasi karena sebenarnya terdapat 14 kelompok PKM yang berhasil didanai pada tahun 2012 yang berasal dari mahasiswa Fakultas Peternakan.[Ristek_SSD]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s