EMPAT KOMUNITAS FOSMAPET

FOSMAPET dan Komunitasnya

Salam Sains !!!!, Forum Studi Fakultas Peternakan UGM membuat terobosan baru dengan menciptakan sebuah komunitas. Komunitas ini dibentuk untuk meningkatkan kemampuan anggota Fosmapet di bidang peternakan, yang mana komunitas ini disesuaikan dengan jurusan yang terdapat di fakultas peternakan mulai dari Komunitas Produksi, Komunitas Pakan Hasil Ternak, komunitas Nutrisi dan komunitas limbah. Pembentukan komunitas datang dari program kerja departemen RISTEK, dan bekerja sama dengan departemen lainnya, berikut adalah penjelasannya. Simak dengan seksama ya :)… J

Komunitas Pakan Hasil Ternak

Pakan Hasil Ternak (PHT) merupakan suatu komunitas yang ada di dalam Forum Studi Fakultas Peternakan (FOSMAPET). Komunitas ini melakukan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan pakan hasil ternak berupa daging, susu, dan telur. Penelitian yang dilakukan dapat berupa pengamatan terhadap mikrobia yang tumbuh. Penelitian yang dilakukan oleh komunitas PHT bersifat tertutup untuk para anggotanya saja namun untuk selanjutnya akan bersifat umum bagi semua anggota FOSMAPET. Program dari komunitas PHT adalah penelitian yang akan dijalankan pada minggu kedua setelah masuk kuliah. Saat ini komunitas dalam proses pembuatan proposal. Anggota komunitas ini ada 11 orang yang terdiri dari dua angkatan yaitu angkatan 2012 dan angkatan 2013. Anggota dari angkatan 2012 yaitu Resti, Frismia, dan Dinda sedangkan anggota dari angkatan 2013 yaitu Wahyu W, Lintang A, Sinta P, Eka, Ray R, Saepul N, Niko, dan Rinanti E.

Komunitas Nutrisi

Pakan ternak merupakan faktor yang sangat penting di sektor peternakan. Pemberian pakan ternak berkualitas sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan perkembangan ternak. Pakan yang memenuhi syarat nutrient baik adalah pakan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air. Nutrient tersebut dapat disediakan dalam bentuk hijauan dan konsentrat. Hijauan dari jenis rumput unggul salah satunya adalah rumput gajah. Rumput gajah mengandung nilai gizi yang cukup terjamin dan volumenya lebih banyak daripada rumput liar. Rumput gajah dapat tumbuh dalam waktu 30 sampai 40 hari dan sudah dapat dipanen. Oleh karena itu komunitas nutrisi melakukan penelitian pengaruh jarak tanam terhadap perkembangan rumput gajah. Penelitian dilakukan di palagan km 11 dalam waktu 30 hari. Pengukuran rumput gajah dilakukan setiap 6 hari sekali agar dapat diketahui pengaruh jarak tanam terhadap perkembangan rumput gajah. Perkembangan rumput gajah yang optimal akan membantu peternak dalam memberikan pakan ternak yang mengandung nutrient baik untuk ternaknya.

Komunitas Produksi

Komunitas ini berfokus meneliti bagian produksi dibidang peternakan khususnya pengaruh dari formulasi pakan terhadap pertumbuhan berat badan domba. Penelitian ini dilakukan di kebun riset dan teknologi lapangan fosmapet UGM tepatnya di daerah palagan. Punggawa – punggawa komunitas produksi merupakan mahasiswa semester 2 yang notabene adalah mahasiswa baru dengan tidak lupa terdapat mahasiswa pembimbing sehingga proses meneliti tersebut dapat berjalan dengan semestinya. tentunya ini menjadi hal yang menarik dimana mahasiswa yang masih baru berkecimpung didunia perkuliahan tetapi sudah memiliki pengalaman meneliti hal–hal baru yang belum mereka dapatkan di kelas. Sehingga, diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk melakukan inovasi – inovasi di dunia peternakan di masa mendatang.

Komunitas Limbah

Komunitas limbah merupakan salah komunitas fosmapet yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil samping ternak yang biasa kita sebut dengan kotoran ternak. Banyak orang mengira bahwa kotoran ternak hanya akan dibuang saja, namun pernyataan itu salah, kotoran ternak dapat disulap menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tanaman. Komunitas limbah saat ini dengan ketua Rifki Dhiemas Aji yang beranggotakan Zaini, Nisa, Adik, Arif, Laely, Elyda, Denies, Rara, Afan, dan Mahadika sedang berkonsentrasi dalam penelitian pembuatan pupuk feses sapi dengan perbedaan 3 faktor Cacrbon. Faktor Carbon ini antara lain daun kering, jerami, dan serbuk gergaji. Harapan dari penelitian ini adalah untuk lebih mengetahui pengaruh perbedaan faktor Carbon terhadap produktivitas pupuk pada tanaman. Komunitas Limbah Fosmapet masih terus berjuang untuk menjadi lebih baik dalam penelitian yang berkonsentrasi di bidang limbah ternak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s