LPJ

Laporan Pertanggungjawaban
Ketua FOSMAPET
2010

Muqodimah
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Science!!!
Pertama-tama kami ucapkan segala puji kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang luar biasa baik berupa nikmat kita berjalan, nikmat kita akan waktu luang, dan yang paling penting adalah nikmat kesehatan dan nikmat untuk masih dapat menimba ilmu setinggi-tingginya. Tidak lupa shalawat dan salam kejunjungan nabi agung kita Rasulullah SAW, yang telah memperjuangkan islam sehingga kita masih dapat merasakan indahnya dan mudahnya kita berislam hingga sekarang.
Fosmapet, ketika mendengar kata itu dulu yang teringat adalah sebuah lembaga yang berdiri tahun 2006 yang bergerak dalam ranah keilmuawan. Fosmapet merupakan kepanjangan dari Forum Studi Mahasiswa Peternakan, forum studi ini mengkhususkan bidangnya dalam masalah tentang peternakan secara umum. Kemudian Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah SWT, fosmapet telah berubah menjadi lembaga/badan semi otonom (BSO) sehingga fosmapet kini setara dengan lembaga-lembaga lain seperti Gallusia, Caravan, KMFPT, dan HIMA-HIMA di fakultas peternakan UGM.
Pada awal berdirinya fosmapet hanya terdiri dari beberapa anggota sehingga geraknya juga terbatas, dan pula pada tahun kepengurusan 2007 sd 2009 fosmapet seakan-akan mati suri dikarenakan ada masalah internal di dalam tubuh departemen, sehingga fosmapet sempat vakum selama 1 tahun lebih. Oleh karena itu dalam fosmapet ada masalah internal yang sungguh pelik yaitu masalah kaderisasi. Kaderisasi foemapet sempat mandeg juga selama 1 tahun lebih, sehingga kalau kita lihat fosmapet sekarang pasti fosmapet tahun 2010 adalah didominasi oleh anggota baru angkatan 2009. Mereka merupakan mahasiswa fakultas peternakan angkatan 2009 yang masih “hijau” dan belum mengenal apapun selain kuliah.
Dengan kondisi seperti itu fosmapet 2010 memperoleh komposisi anggota yang sangat jomplang, kami sendiri (wahyu setiawan) yang saat itu menjadi ketua dan merupakan mahasiswa angkatan 2007, ternyata diberi oleh fosmapet 2009 kepala divisi dan anggota yang hamper semuanya adalah mahasiswa angkatan 2009. Sehingga pada awal-awal kepengurusan,fosmapet cenderung agak lambat untuk bergerak.
Oleh karena itu kami awal-awalnya mulai mencoba ramuan yang paling tepat yang harus digunakan dalam fosmapet tahun 2010. Kemudian kami teringat tentang masalah tahapan dalam kita menjalin hubungan dengan orang lain. Prinsip pertama yang harus dibangun adalah mengenai saling mengenal (ta’aruf), prinsip ini yang kami tekankan pada awal kepengurusan yaitu focus pada pengenalan sifat-sifat personal anggota fosmapet 2010. Setelah ta’aruf bisa dilakukan, maka kami masuk ke fase berikutnya yaitu fase ta’awun yaitu salaing menolong. Saling menolong disini adalah kami mulai terjun langsung ke lapangan untuk mengurusi berbagai macam urusan seperti peminjaman tempat, hubungi pembicara untuk acara dlsb. Kemudian setelah fase kedua tercapai, maka kami mencoba masuk ke fase ketiga yaitu saling memenuhi kebutuhan (takaful) berupa asupan materi yang dibutuhkan oleh anggota fosmapet 2010 yaitu lewat pelatihan-pelatihan dasar seperti kehumasan. Akhirnya setelah 3 fase itu tercapai, maka kita akhirnya mencapai tahap ke kefahaman (tafahum), sehingga sekarang anggota fosmapet sudah mengalami kemajuan yang luar biasa dalam hal keorganisasian.
Karena memang prinsip ini yang kamibangun selam 1 tahun yang lalu, akhirnya fosmapet tahun 2010 menjadi lebih baik. Sebenarnya arah gerak fosmapet tahun kepengurusan 2010 adalah dalam hal penguatan keorganisasian. Seperti diketahui bahwa fosmapet yang diberikan kepada kami dari kepengurusan sebelumnya adalah fosmapet yang sedang mengalami mati suri, sehingga terjadi kekacauan terkait keorganisasian internal fosmapet. Jadi kami selama 1 tahun focus dalam hal penguatan fondasi dasar ini. Akhirnya fondasi dasar yang kami harapkan ternyata bisa terpenuhi pada beberapa bulan akhir di masa kepengurusan kami.
Akhirnya, setelah perjuangan yang melelahkan selam 1 tahun kepengurusan fosmapet 2010 akhirnya mencapai klimaksnya. Fosmapet 2010 kami rasa menjadi sebuah modal dasar yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dari fosmapet kedepannya. Sebenarnya sedih juga meninggalkan fosmapet 2010 yang merupakan tempat kami 1 tahun lalu berkeluh kesah, berkontribusi, dan berimprovisasi. Fosmapet akan selalu menjadi sebuah organisasi yang akan mengalami perubahan yang lebih baik lagi. Sebenarnya tidak sesederhana itu dalam menjalankan amanah ini, pada awalnya kami mengira mengurusi fosmapet itu mudah karena fosmapet itu merupakan lembaga yang masih baru sehingga tidak terjadi dinamika yang kompleks didalamnya. Tapi ternyata, dinamika didalam fosmapet sungguh luar biasa, hal ini dikarenakan di dalam fosmapet terdiri dari orang-orang luar biasa yang rela mengorbankan waktu dan juga jiwa raganya untuk perkembangan fosmapet yang lebih baik.
Terlepas dari masih banyaknya masalah di fosmapet, kami bangga karena semangat terkait keilmuaan mulai tumbuh di fakultas peternakan UGM yang ditandai dengan semakin banyaknya mahasiswa yang lolos PKM dan ada pula yang menjadi mahasiswa yang juara 3 dalam Altech Young Scientist Award yang diberikan kepada Sdri. Dewi Ratih Ayu Daning yang merupakan mantan kadept SSD di fosmapet 2008, itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami dari fosmapet 2010 yang ternyata memiliki kakak yang seluar biasa seperti beliau. Semoga akan muncul daning-daning baru dari fakultas peternakan UGM yang diawali dari fosmapet. Amin…

Keorganisasian
Secara keorganisasian fosmapet 2010 memiliki visi dan misi yang menjadi landasan kita dalam bergerak selama ini, adapun visi dari fosmapet adalah:
Kelompok Studi Mahasiswa Peternakan Universitas Gadjah Mada yang mengkaji, mengkritisi, meneliti permasalahan ilmiah dan meningkatkan ketrampilan di bidang peternakan dengan landasan ilmu pengetahuan serta mengoptimalkan potensi keilmuan mahasiswa peternakan dengan mengedepankan ahlak dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kerangka keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
Sedangkan misi dari fosmapet adalah:
1. Menjadi sarana aktualisasi mahasiswa Fakultas peternakan Universitas gadjah Mada untuk mengembangkan potensi akademik dan meningkatkan profesionalisme di bidang peternakan dengan menghubungkan berbagai jurusan dengan menghilangkan sekat-sekat diantaranya dalam memecahkan suatu permasalahan ilmiah baik di lingkungan Fakultas Peternakan UGM maupun masyarakat. Menjadi fasilitator, dinamisator, dan sarana komunikasi, saling tukar wacana, dan informasi di bidang peternakan.
2. Mengotimalkan potensi keilmuan mahasiswa peternakan dengan meningkatkan sense pengkajian, penelitian ilmiah, dan ketrampilan, Profesi dan pengembangan usaha, peternakan, terhadap suatu permasalahan.
3. Membentuk mahasiswa peternakan UGM sebagai insan akademis yang profesional di bidangnya, berwawasan luas, berakhlak mulia, dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kerangka, keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.
4. Menjembatani kehidupan kampus dengan kehidupan masyarakat umum melalui program-program yang aplikatif dan inovatif serta bermanfaat bagi masyarakat luas.
5. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan lembaga studi dan lembaga penelitian atau instansi/dinas terkait di lingkup intra kampus dan ekstra kampus UGM.
Ya dengan visi dan misi inilah, fosmapet 2010 bergerak untuk mencapai tujuannya. Sebenarnya visi dan misi ini masih bisa berubah menjadi lebih baik, tapi ternyata masih banyak kendala yang selalu menghadang gerak kami dalam berorganisai. Jadi kami juga merasa tahun ini (2010) kami merasa belum menjalankan visi dan misi secara optimal. Sehingga kami sadar pasti banyak pihak yang masih merasa belum puas terhadap fosmapet tahun 2010, kami yakin walau tahun ini banyak kekurangan disana-sini, tapi perubahan itu pasti akan segera terjadi di tubuh fosmapet.
Saya yang disini sebagai ketua Fosmapet 2010 memiliki peran yang cukup strategis, sehingga sangat berat dalam mengemban amanh ini. Sebagai seorang ketua fosmapet, saya harus melakukan berbagai macam hal yang saya anggap sebagai hal yang mustahil dilakukan. Ada beberapa tugas dari seorang ketua fosmapet yaitu:
1. Menjalankan fungsi koordinasi baik internal maupun eksternal
2. Mengadakan konsolidasi pengurus FOSMAPET sehingga tercapai situasi yang kondusif bagi seluruh kepengurusan
3. Melaksanakan kegiatan kultural kepada segenap kalangan akademis guna menjaga kinerja kepengurusan fosmapet
4. Membuat program kerja selama 1 tahun sesuai action plan 2009-2010.
Semua itu adalah tugas seorang ketua fosmapet 2010, merupakan suatu hal yang luar biasa berat untuk menerima amanah itu, tapi ternyata saya menemukan team kerja yang luar biasa team kerja yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa yang luar biasa semangatnya.
Selama 1 tahun kepengurusan, kami memiliki struktur organisasi yang seperti berikut:

Ketua Umum
Secara formal tugas ketua adalah bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program kerja keseluruhan BSO-FOSMAPET, kontrol serta evaluasi pelaksanaan program kerja, menjalankan fungsi koordinasi baik internal maupun eksternal, mengadakan konsolidasi pengurus FOSMAPET sehingga tercapai situasi yang kondusif bagi seluruh kepengurusan, melaksanakan kegiatan kultural kepada segenap kalangan akademis guna menjaga kinerja kepengurusan FOSMAPET, membuat program kerja selama 1 tahun sesuai action plan sebelumnya.

Sekretaris
1. Membuat program kerja selama 1 tahun sesuai arahan dalam action plan dan melakukan kontrol terhadap pelaksanaan program kerja tersebut,
2. Mengadakan fasilitas kesekretariatan dan bertanggungjawab terhadap administrasi dan kesekretariatan FOSMAPET.
3. Melaksanakan pemantauan terhadap dinamika internal kepengurusan FOSMAPET.
4. Pengarsipan data anggota secara keseluruhan yang diperoleh dari bidang HRD.
5. Mengadakan pendokumentasian hal-hal penting terkait dengan FOSMAPET.
6. Membantu Ketua Umum dalam membangaun komunikasi dengan pengurus sehingga mengetahui permasalahan yang ada.

Bendahara
1. membuat program kerja selama 1 tahun sesuai arahan kerja dalan action plan dan melakukan kontrol terhadap pelaksanaan program kerja tersebut.
2. Mengusahakan sumber-sumber keuangan FOSMAPET.
3. Melaksanakan inventarisasi FOSMAPET.

Bidang Human & Research Development
1. Membuat program kerja selama 1 tahun sesuai arahan dalam action plan dan melakukan control terhadap pelaksanaan program kerja tersebut,
2. Melaksanakan recruitment anggota.
3. Melaksanakan alur dan perangkat kaderisasi.
4. Melaksanakan pemantauan terhadap aktivitas dan perkembangan anggota.
5. Melakukan upaya pembinaan dan pemberdayaan anggota sesuai kemampuannya.
6. Melaksanakan kegiatan upgrading dan memberikan suplemen baik berupa training, pelatihan, atau lainnya yang bersifat peningkatan keilmiahan dan kualitas diri kepada anggota untuk peningkatan kualitas kader.
7. Mengusahakan kesolidan pengurus.
8. Melakukan pengembangan dan pemantauan terhadap organisasi.
9. Melakukan koordinasi dengan bidang lain.

Bidang Science and Skill Development
1. membuat program kerja selama 1 tahun sesuai arahan kerja dalan action plan dan melakukan kontrol terhadap pelaksanaan program kerja tersebut.
2. Melakukan penguatan keilmuan anggota, khususnya di bidang peternakan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keilmuan dan Profesi dan pengembangan usaha yang meliputi diskusi, seminar, ekspedisi, workshop, dan training-training.
3. Memberikan fasilitas bagi anggota untuk mencermati, menganalisa, dan merespon isu-isu aktual di bidang peternakan.
4. Mengusahakan pengadaan referensi dan publikasi ilmiah.
5. Mengikutsertakan praktisi dan civitas akademika lainnya dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan FOSMAPET sebagai nara sumber, pengisi, pendamping maupun peserta.
6. Melaksanakan kegiatan-kegiatan penelitian yang bersifat keilmiahan peternakan
7. Melakukan koordinasi dengan bidang lain.

Bidang Profesi dan jaringan
1. membuat program kerja selama 1 tahun sesuai arahan kerja dalan action plan dan melakukan control terhadap pelaksanaan program kerja tersebut.
2. Mengadakan penguatan Profesi dan pengembangan usaha peternakan melalui magang, kunjungan perusahaan, stud komparatif dan praktek kewirausahaan.
3. Menjalin kerjasama dengan stake holder peternakan
4. Melakukan penyuluhan terhadap isu-isu terkini di bidang peternakan
5. Melakukan pendekatan kepada masyarakat peternakan
6. Melakukan koordinasi dengan bidang lain.

Adapun orang-orang luar biasa yang telah menggawangi fosmapet tahun 2010 adalah:
Ketua : Wahyu Setiawan (2007) (085643431024)
Wakil ketua : Nugroho Slamet W (2008) (085664451978)
Sekretaris : 1 Anisa Ridhawati (2009) 087839264510
2. Heni Wulandari (2007) 085729328005
Bendahara : 1. Resty Tarwiyatul F (2009) 085641884005
2. Fathimah Azzahra (2007) 085729981154
Depart. HRD : Didi Supriyadi (2009) 085295555642
Anggota : Dimas Hand V.P (085643260498)
Galih Pawening (085643113175)
Erlangga MD (085725168361)
M. Anas AH (085739666733)
M. Firdaus Hudaya (085235219089)
Dwi Fitriyanti (085226149911)
Nur Laili M (2007)-staff ahli (081328092586)
Yogi Permana Jati (085729006993)
Yulis Setyorini (085854045133)
Depart. SSD : Andi Supriyanto (2009) (08562528440)
Anggota : M Azkari Z (081311554984)
M Lukman Hakim (085729538782)
Dhayu Dwi P (085743625030)
Luthfan (085224042988)
Nadia Litasofa (085729782913)
Deasi Fitriani (2007)- staff ahli (085743655012)
Ulil Amri W (085697988544)
Dwi Puspa Adie (085735069428)
Antaria K (08562879869)
Palito Tigor (081326906833)
Novra Arya Sandi (085265821048)
Maurinda Safitri (087828987887)
Depart. Pengembangan dan Jaringan :
Subdivisi Profesi : Heryuandra PP (2009) (085235986123)
Anggota : Eko yasin PM (081393378880)
Naimatum M (081904147754)
Razzak Hidayat (085643300428)
Bagus Rahmad S (085728276170)
Arif Setyawan (085740034240)
Afif Fakhrudin (085730909336)
Noviana Cahyani (085647101966)
Heri Setiyawan-staff ahli (08564342621)
Subdivisi Jaringan : Rahmad Supriyanto (2009) (085258341034)
Anggota : Candra Pungki W (085643918279)
Adhitya Permadi (085229111149)
Kardian Alisafri (081342648600)
Diena Fardani (085737274828)
Danny Adhi Pratomo (085728017727)
Septi Nur Wulan P (085643720872)
Rudi Ikhsan J (085736918690)

Evaluasi
1. Fungsi kaderisasi perlu dioptimalkan.
2. Koordinasi antara pengurus harian dengan staf-staf departemen belum optimal.
3. Semangat di bidang penelitian dan karya ilmiah dari anggota FOSMAPET mulai menunjukkan adanya peningkatan namun upaya pembinaan secara berkelanjutan belum terlaksana secara rutin.
4. Benturan aktifitas akademis seringkali membuat agenda-agenda pertemuan tidak berjalan dengan baik.
5. Kerjasama dengan KSF lain di UGM dalam hal keorganisasian dan terkait keilmuan sudah dilakukan dalam hal , tetapi belum dilakukan secara rutin.
6. Program penjagaan kualitas akademis bagi anggota sangat diperlukan namun belum optimal.
7. English Club dan Study Club merupakan progran jangka panjang FOSMAPET yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan akademis dan komuniasi bahasa inggris sudah mulai diperkenalkan, dan untuk kepengurusan berikutnya diharapkan mulai menghidupkannya.
8. Penguatan jaringan ke mahasiswa baru, yaitu melalui tes toefl bagi maba sudah terlaksana dengan baik.

Rekomendasi
1. Perlu adanya sebuah koordinasi yang lebih baik antara anggota dan ketua fosmapet, sehingga proker-proker yang ada bisa berjalan secara optimal
2. Dengan adanya sekretariat mandiri maka akan semakin memungkinkan anggota fosmapet untuk saling diskusi untuk membahas mengenai masalah keilmuan yang up to date
3. Perlu dilakukan rapat PH tiap 2 pekan sekali untuk koordinasi masalah proker
4. Dari awal perlu ditekankan mengenai pembagian job desk tiap departeman yang jelas
5. Perlu rekomitmen terhadap anggota fosmapet yang ikut fosmapet dan telah ngisi formulir pendaftaran, tapi gak terlibat aktif selama beberapa bulan
6. Alur kaderisasi perlu dirapikan lagi
7. Pendataan seharusnya lebih baik dengan adanya sekretariat yang mandiri
8. PH yang dipilih harus memiliki komitmen yang lebih
9. Kegiatan-kegiatan rutin fosmapet seperti dapur fosmapet, belajar bareng fosmapet, magang, perlu dimaksimalkan untuk syiar fosmapet
10. Perlu menjalin komunikasi secara intensif dengan Foska (agro) dan SCCF
11. Perlu penerapan prinsip KPK (Kompeten, Profesional, dan Kontributif) dalam setiap agenda lembaga

PENUTUP
Laporan Pertanggungjawaban ini benar-benar kami susun sebagai wujud keseriusan kami terhadap kinerja FOSMAPET. Semua upaya ini kami lakukan hanya karena Allah SWT, kami hanya bisa berupaya semampu kami dan tentu merasa sangat takut apabila sedikit saja kami mengkhianati amanat yang telah dipercayakan Allah SWT melalui rekan-rekan mahasiswa kepada kami. Untuk itu tiada ucapan yang patut kami sampaikan melainkan mohon ampun atas segala kelemahan dan kekurangan kami dari segala dosa dan amanah yang belum terpenuhi.
Laporan Pertanggungjawaban ini jauh dari sempurna. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin, dan kami mohon maaf bila ternyata hasilnya tidak optimal. Kedepan kami ingin mengajak kepada rekan-rekan mahasiswa agar wujud kepercayaan itu lebih diwujudkan dalam bentuk partisipasi, mengusung bersama agenda yang sebetulnya harus menjadi isu dan pemikiran kita, sehingga optimalitas kinerja pun dapat terwujud. Bersama ini, kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa Fakultas Peternakan UGM. Terimakasih atas kepercayaan yang pernah diberikan.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s